rp0bNChIFHEQLNOWnNlTR7tYV3Qi69riOvEhpJHL

10 Tips Cara Cepat Melunasi Hutang yang Menumpuk

Konten [Tampil]

Melunasi hutang adalah kewajiban bagi siapa saja yang berhutang. Namun, dengan tingginya pengeluaran dan gaji yang pas-pasan, membayar cicilan hutang pun bisa membuat kewalahan. Gagal bayar harus kamu hindari sebab bisa membuat nama kamu masuk dalam daftar hitam (blacklist) Bank Indonesia. Jika hal ini terjadi, di masa depan kamu akan sulit mengajukan permohonan pinjaman.

Tentunya kamu tidak ingin gagal bayar hutang bukan? Berikut adalah 10 cara melunasi hutang dengan cepat yang harus kamu ikuti:

1. Rekap seluruh hutang kamu dan prioritaskan membayar hutang berbunga tinggi 

Hitung kembali berapa besar tagihan hutang yang kamu miliki. Idealnya, pos pengeluaran yang digunakan untuk membayar hutang tidak lebih 30% dari gaji bulanan. Jika porsi cicilan hutang sudah lebih dari 30% artinya kondisi keuangan kamu sedang tidak sehat.

Jika kamu punya beberapa hutang, urutkan hutang kamu berdasarkan bunga tertinggi hingga terendah. Prioritaskan untuk membayar hutang yang memiliki suku bunga paling tinggi.

2. Cairkan dana tambahan dari aset yang kamu miliki

Coba perhatikan barang-barang dan harta yang kamu miliki di rumah dan sudah tidak terpakai lagi. Menjual atau menyewakan barang-barang tersebut dapat menjadi alternatif untuk mendapatkan uang tunai yang bisa digunakan untuk mencicil hutang.

Berikut adalah daftar contoh barang-barang yang bisa menjadi sumber uang untuk Kamu:

  • Kamu punya ruangan atau kamar yang tidak terpakai dirumah? Sewakan kamar tersebut, kamu bisa mendapatkan uang sewa tanpa harus bekerja.
  • Jual barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai (TV, lemari, baju bekas yang masih bagus, buku bekas, furnitur, laptop, handphone sepatu dll)
  • Sewakan motor atau mobilmu
  • Jika kamu sudah terlanjur membeli tiket pesawat, tiket hotel, tiket konser, sebaiknya batalkan saja dan dapatkan uang pengembalian.

3. Minta bantuan dari kerabat atau teman yang bisa dipercaya

Jika kamu memiliki kerabat atau teman dekat cobalah jujur, jelaskan keadaan kamu dan minta bantuan mereka. Dana yang kamu dapatkan bisa digunakan untuk membayar cicilan hutang, tapi ingat bahwa kamu akan melunasi hutang dari uang pinjaman teman kamu.

4. Minta bantuan professional, perusahaan manajemen hutang

Apabila kamu merasa tidak nyaman dan tidak ingin merepotkan kerabat atau teman, kamu bisa meminta bantuan dari pihak yang berpengalaman yaitu memanfaatkan jasa perusahaan yang memberikan program manajemen hutang.

Pastikan saat kamu mencari bantuan dari layanan manajemen hutang yang sudah terdaftar dalam biro yang kredibel. Berikut adalah keuntungan yang kamu dapatkan dari layanan manajemen hutang:

  • Membantu kamu untuk bernegosiasi dengan kreditur untuk mengurangi bunga, dan biaya pembayaran hutang. Dalam beberapa kasus, manajemen hutang bahkan mampu mengurangi keseluruhan pembayaran dan membekukan biaya bunga atau penalti.
  • Mengatur hutang sehingga kamu bisa membayar cicilan hutang perbulan sesuai dengan kemampuan keuangan kamu.

5. Melakukan mediasi perbankan untuk penyelesaian hutang 

Apabila kamu gagal menemukan solusi dengan pihak pemberi pinjaman, mediasi perbankan dengan menempatkan Bank Indonesia sebagai pihak penengah yang netral dapat dilakukan.

Sebagai penengah yang netral, Bank Indonesia akan memotivasi dan mengarahkan kedua belah pihak (kreditur dan debitur) untuk mencari penyelesaian hutang, keputusan yang akan diambil bersifat win-win solution.

6. Gunakan sebagian tabungan kamu untuk membayar cicilan hutang

Apabila sudah terdesak harus, kamu bisa menggunakan sebagian uang tabunganmu agar segera terbebas dari hutang. Tapi ingat sebaiknya kamu tidak menggunakan semua uang tabungan kamu untuk membayar hutang karena uang tabungan ini akan kamu butuhkan sebagai dana darurat,

7. Cairkan investasi

Salah satu cara mendapatkan uang dengan cepat adalah dengan mencairkan investasi yang kamu miliki. Jenis investasi yang bisa kamu cairakan antara lain emas, deposito, reksadana dan lainnya.Setelah hutang lunas, kamu bisa kembali mengalokasikan pendapatan untuk investasi.

8. Cari penghasilan tambahan

Jika gaji bulanan dari pekerjaan Kamu sudah tidak mencukupi untuk melunasi hutang, artinya kamu harus mencari penghasilan tambahan. Kamu bisa menjual keahlian untuk mendapatkan uang tambahan, seperti:

  • Mengajar les privat (mengajar matematika, bahasa inggris, berenang, musik)
  • Bekerja paruh waktu sebagai supir ojek online/taksi online
  • Menjual jasa sebagai penerjemah atau penulisan artikel
  • Menjual jasa design dan fotografi

Selain menjual jasa, kamu juga bisa berbisnis. Saat ini untuk memulai usaha tidak membutuhkan modal yang besar, contohnya:

  • Jual pakaian atau barang-barang online
  • Jika kamu jago memasak, kamu bisa jualan makanan atau cemilan untuk orang-orang kantor
  • Buka usaha warung kopi dan indomie dengan membuka warung kopi kecil-kecilan dirumah
  • Menjual pulsa, dan lainnya

9. Kurangi budget pengeluaran

Mengubah skema bujet pengeluaran akan membantu kamu melunasi hutang lebih cepat. Contohnya jika selama ini kamu menghabiskan 50% – 70% penghasilan untuk konsumsi dan sisanya digunakan untuk bayar hutang, sebaiknya sekarang kamu tambahkan proporsi bayar hutang lebih tinggi dengan berhemat dan mengurangi konsumsi.

Berikut contoh penghematan yang bisa kamu lakukan:

  • Jika biaya sewa tempat tinggal kamu mahal, pindah ketempat yang lebih murah
  • Bawa bekal makanan sendiri
  • Hemat listrik, bensin
  • Hemat pulsa, kamu bisa cari wifi gratis di ruang publik
  • Hentikan paket langganan seperti TV, Netflix, Spotify

10. Mintalah kenaikan gaji pada bos kamu

Jika kamu sudah mencoba berhemat, menjual barang hingga mencari pekerjaan sampingan namun dana untuk melunasi hutang masih kurang, Kamu bisa bernegosiasi dengan bos kamu untuk menaikan gaji kamu.

Agar kenaikan gaji disetujui, kamu bisa menawarkan akan menambah tanggungjawab baru. Bertambahnya tanggungjawab ini tentu saja akan menguntungkan perusahaan sehingga permintaan kenaikan gaji kamu akan dipertimbangkan.

Tentu saja 10 cara melunasi hutang diatas hanya akan membantu jika kamu benar-benar melakukannya. Dikemudian hari saat kamu ingin berhutang, pastikan bahwa hutang yang dipinjam sudah sesuai dengan kemampuan bayar kamu.

Related Posts
Dimas Arief
Banyak di Hujat Namun Setia . Blogger Pemula Tersesat di Bidang Percintaan dan Semua Tulisan di Sini Terciptanya dengan Bantuan Kopi Tanpa Gula.

Related Posts

Posting Komentar